Oct 18, 2010

Efek Radiasi Ponsel

Ponsel memang menjadi barang yang paling diminati oleh sebagian orang pada jaman yang semakin maju seperti sekarang ini, mulai dari kalangan kelas bawah hingga kalangan kelas atas. ponsel bisa kita gunakan untuk telephone dan sms-an, bahkan kita bisa menggunakan ponsel tersebut untuk internet'an atau facebook'an. tetapi, tahukah anda mengenai efek dari radiasi dari ponsel yang Anda miliki?

Memang sih, radiasi yang dihasilkan oleh ponsel/handphone belumlah terasa. namun dalam jangka waktu yang panjang mungkin Anda baru merasakan dampaknya. mulai dari gangguan kesehatan yang ringan hingga gangguan kesehatan yang berat. tidak hanya itu, ada beberapa dampak buruk yang disebabkan oleh radiasi seperti tumor otak, gangguan emosional pada anak, dll.

Maka dari itu, untuk mengurangi efek dari radiasi ponsel yang kita gunakan sehari-hari, kita perlu memperhatikan hal-hal seperti berikut:


1. Jika Anda menggunkannya untuk telephone atau hanya sekedar mendengarkan musik/lagu anda bisa menggunakan headset/earphone. Hal ini berguna untuk mengurangi radiasi yang dihasilkan oleh ponsel ke otak yang yang berdekatan dengan telinga.

2. Batasilah penggunaan ponsel untuk berkomunikasi, usahakan jangan selalu berdekatan dengan ponsel, walaupun kita dalam keadaan tidur pun, lebih baik ponsel dimatikan agar dapat mengurangi radiasi yang dihasilkan oleh ponsel.

3. Jangan menggunakan ponsel untuk telephone dalam waktu yang terlalu lama. jika ingin menelephone dalam jangka waktu yang lama lebih baik gunakan telephone rumah, karena telephone rumah menggunakan kabel yang bebas dari radiasi gelombang elektromagnetik.

4. Jauhkan ponsel yang aktif dari tempat tidur, hal ini perlu kita lakukan karena untuk menghindari radiasi yang dihasilkan ponsel.

5. Belilah ponsel yang memiliki RF Specific Absorption Rate atau SAR yang rendah sekitar 1,6 watt/kg agar radiasi yang dihasilkan tidak terlalu besar yang memungkinkan dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

6.Hindari menempatkan/menaruh ponsel di dekat tubuh dalam waktu yang lama. Jika kita menempatkan ponsel pada saku/kantong celana, maka sering-seringlah untuk memindahkan ponsel tersebut ke kantong/tempat lainnya.

7. Agar lebih aman, pelajari dahulu ponsel yang akan anda beli. Dan belilah ponsel yang mencantumkan info keterangan label emisi radiasi.

8. Hindari teman kita yang sedang menelepon dalam kurun waktu yang cukup lama, hal ini agar kita terhindar dari radiasi.

9. Jika Anda memiliki anak kecil/anak dibawah umur, seharusnya hanya diperbolehkan menggunakan ponsel untuk keperluan darurat saja, dikhawatirkan karena masih dalam tahap pertumbuhan, efek radiasi bisa bertambah parah.

10. Kurangi penggunaan ponsel pada ruangan tertutup dengan bahan logam seperti di dalam lift dan mobil. Diruangan yang tertutup tersebut, ponsel harus bekerja extra untuk mengoptimalkan koneksi sehingga radiasi yang dihasilkan cukup besar.

11.Kurangi penggunaaan ponsel ketika kekuatan sinyal pada ponsel hanya satu bar/kurang, kondisi ini membuat ponsel bekerja lebih keras untuk menstabilkan sinyal sehingga radiasi yang dihasilkan bertambah besar.

0 comment:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...