This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Oct 19, 2012

Merajalelakan Lele

KOMPAS/C ANTO SAPTOWALYONO
Rangga Umara di kantor pusat Lele Lela, Kalimalang, Jakarta, Selasa (18/9)


Usaha pecel lele dengan tampilan khas warung beratap terpal dan berselubung kain lebar bergambar lele, ayam, dan hiasan lainnya mudah dijumpai di pinggir jalan. Gampang pula mengira bahwa persaingan di bisnis kuliner berbahan ikan bersungut ini demikian ketat, terlebih bagi pemain baru.

Namun bagi Rangga Umara, karyawan di perusahaan developer, bisnis kuliner lele justru dia pilih pada Desember 2006. Usaha ini dipilih begitu dia merasa bahwa dikenai pemutusan hubungan kerja oleh perusahaannya tinggal menunggu giliran. Proyek yang jadi tulang punggung perusahaan memang tersendat, kredit dari bank pun belum cair.

Rangga pun memantapkan diri berwirausaha. Jenis usaha yang dipilih ditentukan oleh apa yang dia tulis pada tahun 1997 di sebuah buku kecil miliknya (belakangan diterbitkan), namanya Dream Book. Salah satu yang dia tulis di buku mungil tersebut adalah dia ingin punya restoran.

Bisnis berjualan masakan berbahan lele dipilih karena produk tersebut sudah dikenal luas. Menurut Rangga, pilihan terhadap produk seperti ini menguntungkan bagi pebisnis pemula seperti dirinya karena tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk mengedukasi pasar. ”Saya sudah niatkan waktu itu, pecel lele harus naik derajatnya. Kalau bisa seperti KFC,” ujar Rangga, ditemui di kantor pusat Lele Lela di Kalimalang, Jakarta.

Dia namakan usahanya Lele Lela. Selain permainan rima yang enak didengar, lela juga bermakna lebih laku. Sebentuk doa berbalut sikap positif.

Dia mengawali usaha dari sebuah warung kontrakan di Pondok Kelapa, di lokasi yang menjorok ke dalam sehingga tidak banyak dilihat calon pembeli. Ukurannya 2 meter x 2 meter dengan uang sewa Rp 250.000 per bulan. Dia mendapat pelajaran berharga dari tempat lengang ini.

Akibat lokasi usaha tidak strategis, Rangga harus merugi pada bulan-bulan pertama usahanya. Omzet per hari terkadang hanya Rp 20.000 sehingga untuk membayar gaji karyawan pun dia terpaksa berutang.

Duka mengawali usaha tidak membuat dia putus asa. Rangga menyadari bahwa awalnya pun dia memulai usaha dengan modal terbatas. ”Seingat saya tidak sampai Rp 1 juta karena etalasenya second. Tabung gas juga dari orangtua,” tuturnya.

Menurut Rangga, dia kuat menahan fase berat itu karena terus berfokus pada peluang, bukan pada masalah. Dia pun berpikir mencari mitra yang memiliki lokasi strategis. Akibat keterbatasan modal, dia menggunakan strategi yang dia sebut Gerakan Warung Sepi, yakni mencari warung yang sepi tetapi lokasinya strategis.

”Menu pun terus dikembangkan, ada pecel lele, ayam bakar madu, dan lele goreng tepung. Cuma awalnya waktu itu belum ada fillet. Fillet itu bagian dari pengembangan inovasi produk,” katanya. Seiring dengan berkembangnya usaha, kini jumlah gerai Lele Lela mencapai 78 unit, tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, kecuali Sulawesi dan Papua. Ada gerai yang sistemnya waralaba, kemitraan, atau kepemilikan.

Usaha beromzet miliaran rupiah yang berawal dari gagasan Rangga tersebut mulai merambah Malaysia. ”Kemarin kami baru menandatangani nota kesepahaman dengan pebisnis dari Malaysia, November nanti buka. Rencananya akan dibuka 13 outlet di Malaysia sampai tahun 2014,” kata Rangga.

Usaha Lele Lela memiliki prosedur operasi standar untuk menjaga konsistensi mutu dan rasa produk yang dijual di sekian banyak gerai tersebut. Bahan baku lele yang dipakai adalah lele jenis sangkuriang dengan ukuran satu kilogram isi enam ekor.

Pertumbuhan jumlah gerai Lele Lela secara masif terjadi pada dua tahun terakhir karena tahapnya tinggal duplikasi dari gerai-gerai sebelumnya. Untuk mempertahankan tren pertumbuhan ini, Rangga menekankan pentingnya inovasi.

Inovasi harus dijadikan kebiasaan. Inovasi itu dilakukan di banyak hal, tidak hanya dari produk. Dari sisi produk, Lele Lela selama satu tahun mempunyai kalender menu.

Menu yang disukai pelanggan dipertahankan dan dipromosikan. Menu yang tidak laku diganti. Setiap tiga bulan ada penggantian menu baru. Ada bagian yang khusus meriset hal tersebut di Lele Lela. Ada pula inovasi pelayanan. ”Dulu bahkan pernah pengunjung yang datang kami anggap sebagai artis. Kami foto dan fotonya dipasang,” kata Rangga.

Pihaknya juga berikhtiar mengembangkan usaha dengan terus membangun kedekatan dengan pengunjung. Pengunjung yang kebetulan bernama Lela, misalnya, boleh makan gratis seumur hidup. Demikian pula terhadap pengunjung yang hari itu berulang tahun.

Pendekatan ini dilakukan agar pengunjung tidak merasa jenuh atau bosan di Lele Lela. Hingga kini, Rangga bersama Lele Lela yang buka usaha pukul 11.00-23.00 bersemangat untuk terus berinovasi agar usaha berkembang.

Semangat ini tergambar dari sapaan selamat pagi yang terus diserukan oleh para karyawan Lele Lela kepada setiap pengunjung gerai, baik yang datang pada pagi, siang, maupun malam hari.

Penting, Pendidikan Wirausaha Dikenalkan Sejak Dini




Pendidikan kewirausahaan perlu diberikan kepada anak-anak. Dengan demikian, pengembangan kemampuan berwirausaha bisa dimulai sejak dini untuk menciptakan generasi muda yang mandiri.

Marketing and Customer Director Prasetiya Mulya Businees School, Iwan Kahfi, mengatakan, dalam perkembangannya selama 30 tahun, Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya menyadari bahwa pengembangan dunia wirausaha melalui pendidikan ke sekolah-sekolah perlu diupayakan agar anak-anak muda nantinya dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

"Kami berharap kontribusi Prasetiya Mulya dalam menghasilkan pengusaha muda bisa terus membantu roda perekonomian di Indonesia," kata Iwan saat membuka acara Media Gathering di FX Lifestyle Centre, Senayan, Jakarta, Jumat (19/10/2012).

Tim sudah mengunjungi sekitar lima sekolah untuk mengampanyekan pendidikan kewirausahaan di kalangan siswa sekolah menengah atas di tiga daerah di Jawa. Pengembangan pendidikan kewirausahaan, termasuk untuk anak-anak dan remaja, dikembangkan lebih lanjut melalui kompetisi menulis tentang pengembangan wirausaha bagi para jurnalis dan masyarakat umum. Kompetisi menulis tentang kontribusi pendidikan kewirausahaan ini dibagi menjadi dua, yaitu kompetisi blogging  untuk kalangan masyarakat umum dan kompetisi menulis untuk para jurnalis.

Melalui pendidikan kewirausahaan, Iwan berharap pergerakan roda ekonomi Indonesia bisa terus berjalan dengan baik dengan munculnya orang-orang yang siap bersaing di dunia bisnis.

Editor :
Caroline Damanik


Grobak Padi Hubungkan Yogya-Melbourne

Sejumlah pengunjung Grobag Padi di Melbourne, Australia, menikmati jajanan ala Indonesia yang dijual di dalam gerobak-gerobak, Rabu (18/10/2012). Melalui komputer tablet yang dipasang di gerobak-gerobak itu, pengunjung di Melbourne bisa berkomunikasi dengan pedagang di Yogya.
MELBOURNE, KOMPAS.com- Jarak antara Yogyakarta dan Melbourne menjadi dekat hari Rabu (17/10/2012) malam lewat tablet komputer yang dipasang di beberapa gerobak makanan yang nangkring di pusat kota Melbourne.

Gerobak ini juga menjajakan makanan khas Indonesia, sebagai bagian dari pertunjukkan seni komtemporer Grobak Padi. Gerobak-gerobak tersebut didatangkan khusus dari Indonesia sebagai bagian dari pertunjukan Grobak Padi dengan mengusung tema a little piece of Java in the heart of City(sepotong kecil Jawa di jantung kota).

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, dalam pertunjukkan yang merupakan bagian dari Melbourne Festival, Agung Gunawan (seorang seniman asal Yogyakarta) berkolaborasi dengan koregrafer kenamaan Toni Yap dan seniman visual, Michael Hornblow menampilkan sebuah seni kontemporer mengenai kehidupan masyarakat di Jawa.

Hari Rabu malam, di hari pertama pertunjukkan Grobak Padi tersebut, gerobak-gerobak ini mampir di pinggir sungai Yarra. Para pengunjung yang datang bisa menikmati masakan khas Indonesia seperti baso, sate, nasi goreng, dan wedang ronde.

Menurut rilis yang dikirim KJRI Melbourne, ratusan pengunjung dengan tertib antri di depan masing-masing gerobak menunggu giliran dilayani oleh pedagang. Gerobak-gerobak tersebut akan berjualan sampai dengan tanggal 21 Oktober, tidak hanya di pinggir sungai Yarra tapi juga di Federation Square dan City Square, Swanston Street.

Tidak saja para pengunjungi disuguhi makanan jasmani asal Indonesia, mereka juga diberi suasana Yogyakarta, karena di setiap gerobak terdapat sebuah tablet komputer terhubung dengan tablet yang dipasang di gerobak yang sama di alun-alun Yogjakarta.

Pengunjung terlihat antusias untuk mencoba berkomunikasi dengan warga Jogajakarta yang juga sedang menikmati jajanan yang sama. Di salah satu gerobak, seorang pengunjung terlihat mencoba berkomunikasi walau dengan bahasa isyarat dengan seorang ibu pedagang wedang ronde di Yogyakarta yang dengan malu-malu melambaikan tangannya di depan tablet.

"Keberadaan tablet tersebut memunculkan rasa keakraban antara masyarakat di kedua kota. Rasa keakraban yang kemudian mendorong hubungan yang lebih intens antarkedua kebudayaan inilah yang menjadi tujuan dari pertunjukan grobak Padi." kata KJRI Melbourne.
Editor :
Marcus Suprihadi

Inilah Planet Ekstrasolar Terdekat dari Bumi



WASHINGTON, KOMPAS.com - Astronom menemukan planet ekstrasolar seukuran Bumi yang mengelilingi sebuah bintang berjarak hanya 4 tahun cahaya dari Bumi. 


Planet dinamai Alfa Centauri Bb, sesuai nama bintang yang diorbitnya, Alfa Centauri B. Bintang itu merupakan bintang kedua terdekat dari Bumi setelah Matahari.



Dengan jarak yang relatif dekat dengan Bumi, planet itu memberi harapan bagi manusia untuk menjangkaunya. Namun, apakah Alfa Centauri B dapat mendukung kehidupan?



Penelitian menunjukkan, jarak orbit Alfa Centauri Bb 10 kali lebih dekat dari Merkurius atau sekitar 6 juta km. Jarak Bumi dengan Matahari sebagai perbandingan adalah 150 juta km.

Dengan fakta itu, suhu planet sangat panas, bisa mencapai 1227 derajat Celsius. Jadi, mustahil bagi kehidupan untuke eksis.


Tim pimpinan Xavier Dumusque dari Observatorium Jenewa dan University of Porto di Portigal menemukan planet dengan instrumen High Accuracy Radial velocity Planet Searcher (HARPS).



HARPS adalah bagian dari teleskop 3,6 meter di Observatorium La Silla, Chile. Instrumen itu mendekteksi planet dengan melihat goyangan bintang akibat pengaruh gravitasi planet.



Dalam kasus Alfa Centauri Bb, goyangan bintang yang dideteksi berupa gerakan maju mundur dengan kecepatan 1,8 km/jam. Butuh waktu 4 tahun untuk mendeteksi sinyal adanya planet itu.



"Ini penemuan yang luar biasa dan telah memacu teknik penemuan kami melampaui batasannya," kata Dumusqe seperti dikutip Space, Selasa (16/10/2012).



Sementara Alfa Centauri Bb mengelilingi Alfa Centauri B, planet itu sejatinya merupakan bagian dari sistem tiga bintang, yakni Alfa Centauri A, B dan Proxima Centauri.



Alfa Centauri Bb merupakan planet ekstrasolar dengan massa terkecil yang pernah ditemukan, hanya 1,1 kali massa Bumi. Ukurannya pun hampir sama dengan Bumi. 



Jarak yang dekat membuat waktu orbit Alfa Centauri Bb juga sangat singkat. Satu tahun di planet itu sama dengan 3,2 hari di Bumi. 



Alfa Centauri Bb diduga merupakan planet batuan. Namun, dengan suhu tinggi, batuan takkan berada dalam bentuk padat. Planet tersebut malah mirip dunia yang berlimpah lava.



Meski Alfa Centauri Bb sendiri tak layak huni, namun penemuannya membuka peluang untuk menemukan planet layak huni yang jaraknya tak terlalu jauh dari Bumi.



Menurut astronom, planet lain bisa saja ditemukan mengorbit bintang Alfa Centauri B di zona layak huni, berjarak pas sehingga punya suhu pas untuk mendukung kehidupan. 



"Ada peluang yang sangat bagus untuk mendeteksi planet di zona layak huni yang dekat dengan kita," kata Stephane Udry dari Observatorium Jenewa seperti dikutip AP, Selasa. 



"Mungkin saja ada planet seukuran Bumi di zona layak huni, tak terlalu panas dan tak terlalu dingin, membuat Alfa Centauri menjadi target baik bagi pencarian kehidupan di luar angkasa," kata Geoff Marcy dari University of California.



Penemuan ini dipublikasikan di jurnal Nature, Rabu (17/10/2012) hari ini.

Sumber :
AP/SPACE.com
Editor :
yunan

4 Kiat Diterima Bekerja di Perusahaan TI





Siapa yang tak ingin bekerja di perusahaan teknologi dunia, seperti Google atau Cisco? Bagaimana caranya menembus seleksi yang ketat yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tersebut? 

Apakah orang Indonesia bisa berkompetisi dengan pelamar dari negara lain?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti terbersit dalam benak profesional TI yang ingin bersaing di dunia global. Himawan Nugroho, Technical Adviser Cisco System di Cisco EMEA (Europe, Midle East, and Africa), adalah contoh orang Indonesia yang berani berkompetisi di dunia dan berhasil. 

Himawan yang kini menetap di Dubai, mengunjungi Indonesia untuk membagikan pengalamannya dan memotivasi mahasiswa dan profesional TI di Indonesia agar berani bersaing di pasar global. 

"Yang harus dilakukan pertama kali adalah membangun pengalaman dan reputasi," ungkap Himawan saat memberikan presentasi di kampus Bina Nusantara Syahdan, Jakarta, Selasa (27/3/2012).

Optimalkan media sosial
Media sosial, seperti Facebook dan Twitter yang tumbuh sangat pesat di dunia, terutama di Indonesia, harus bisa dimanfaatkan untuk membangun reputasi. 

Himawan mengatakan, perusahaan asing akan menggunakan mesin pencari Google untuk mencari nama Anda di internet. Semua rekam jejak Anda di dunia maya akan dipelajari oleh perusahaan yang Anda kirimkan lamaran.

Perluas jaringan
Perluas jaringan pertemanan Anda meskipun tidak ada hubungannya dengan bidang yang Anda geluti. "Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda membutuhkan orang-orang tersebut. Ingatlah bahwa 'Trust Circle' sangat berpengaruh terhadap reputasi Anda," jelas Himawan.

Buat resume yang atraktif
Curriculum Vitae (CV) merupakan jantung yang menentukan hidup mati Anda ketika melamar pekerjaan. Perusahaan teknologi dunia, sangat bergantung kepada CV untuk melakukan eliminasi awal. Jika CV sudah berantakan dan tidak menarik, Anda sudah akan disingkirkan sebelum perjuangan dimulai.

Wawancara seperti seorang profesional
Ketika akhirnya dipanggil untuk wawancara, datanglah dengan penampilan paling profesional dan lakukan wawancara dengan sangat profesional. CV yang atraktif dan kemampuan menjawab pertanyaan wawancara yang sesuai konteks, akan melancarkan Anda memasuki perusahaan teknologi dunia. 

Calon Karyawan yang Dicari Perusahaan TI



Perusahaan teknologi yang memiliki nama besar di dunia seperti Apple, Google, Microsoft, dan Cisco, mungkin merupakan tempat kerja impian bagi orang yang memiliki "passion" di dunia teknologi. 


Namun, tidak semua orang berani berkompetisi untuk memasuki perusahaan-perusahaan tersebut. 



Himawan Nugroho, Technical Adviser Cisco System di Cisco EMEA (Europe, Midle East, and Africa), adalah contoh orang Indonesia yang berani berkompetisi dan berhasil. 



Himawan yang kini menetap di Dubai, mengunjungi Indonesia untuk membagikan pengalamannya dan memotivasi mahasiswa dan profesional TI di Indonesia agar berani bersaing di pasar global.



Himawan dalam presentasi di Kampus Bina Nusantara Syahdan, Jakarta, Selasa (27/3/2012), berbagi hal-hal yang dicari oleh perusahaan besar TI dunia berdasarkan pengalamannya. 



Apa saja yang dicari oleh "big company" tersebut?



1. Siapa yang dikenal di perusahaan?
Percaya atau tidak, berdasarkan pengalaman Himawan, perusahaan besar dunia sangat memperhatikan siapa yang Anda kenal di perusahaan tersebut. 



Jika Anda menuliskan dalam surat lamaran bahwa Anda mengenal seseorang di perusahaan tersebut, maka kesempatan untuk dilihat akan semakin besar. Atau, jika ada orang internal merekomendasikan Anda, maka kesempatan akan lebih besar dibandingkan dengan mengajukan lamaran biasa.



2. Keahlian teknis 
Bagaimanapun dekatnya Anda dengan internal perusahaan, namun, jika tidak memiliki keahlian teknis yang dibutuhkan, jangan harap Anda akan dilirik.



"Ijazah sama sekali tidak berpengaruh di perusahaan asing. Mereka juga belum tentu tahu nama kampus Anda. Maka, dibutuhkan tes keahlian untuk membuktikannya. Namun, dari pengalaman saya, setelah memiliki sertifikat CCIE, saya tidak pernah dites lagi soal keahlian teknis," ungkap Himawan saat memberi presentasi di depan mahasiswa Bina Nusantara Syahdan, Jakarta, Selasa (27/3/2012).



3. Kemampuan mengatasi situasi genting
Menurut Himawan, profesionalisme seseorang dilihat ketika semua hal tidak sesuai dengan rencana. Maka, perusahaan besar dunia membutuhkan orang yang berani mengatasi situasi genting sehingga solusinya bisa menyelamatkan perusahaan.



4. Tingkah laku positif
Perusahaan besar dunia sangat menyukai karyawan yang memiliki pikiran dan tingkah laku yang selalu positif. Misalnya, tidak mengeluh dan selalu bekerja sesuai deadline.



5. Bisa bekerja dengan tim
Perusahaan besar dunia selalu mencari karyawan yang terbiasa bekerja dalam tim. Perusahaan-perusahaan besar pasti memiliki beragam divisi dan masing-masing divisi memiliki tim kerja. 



Tak ada perusahaan besar di dunia yang tidak mengandalkan kinerja tim. 



6. Mau terus belajar
Perusahaan besar dunia sangat menyukai karyawan yang mau terus belajar. Karyawan yang terus belajar akan terus meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. Hal ini akan berpengaruh bagi kinerjanya di perusahaan. 



7. Selalu bisa memotivasi diri dan orang lain
Karyawan yang selalu bisa memotivasi diri akan bisa memotivasi orang lain. Atmosfir motivasi yang kuat akan meningkatkan kinerja seluruh karyawan dan ini berguna bagi perusahaan.



8. Bisa beradaptasi terhadap perubahan
Perubahan akan terjadi secara terus menerus di perusahaan dan tidak bisa diubah. Karyawan yang tidak bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada, akan segera disingkirkan dari perusahaan. 



9. Membawa ide segar
Karyawan yang bisa selalu menawarkan ide-ide segar akan terus dipertahankan oleh perusahaan karena mampu memberikan sesuatu yang baru. 



10. Latar belakang dan pengalaman yang kompeten
Karyawan atau calon karyawan yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang kompeten, tidak akan mudah dilepas oleh perusahaan. 



Oleh karena itu, sejak melamar pekerjaan, melengkapi curriculum vitae adalah syarat penting agar Anda dipertimbangkan. 

11. Penguasaan bahasa asing
Tak hanya bahasa Inggris, semakin banyak bahasa asing yang dikuasai, perusahaan besar dunia akan semakin berat melepas Anda. Perusahaan teknologi dunia pasti memiliki partner atau kantor reprensentatif di negara-negara lain. 



Karyawan yang menguasai beragam bahasa tentu memiliki kesempatan lebih besar mendapatkan proyek di negara-negara tersebut.



12. Kemampuan berkomunikasi 
Meski profesional TI lebih banyak berkomunikasi dengan komputernya, namun kemampuan komunikasi dengan manusia harus juga dikuasai.



Berdasarkan pengalaman Himawan, banyak sahabatnya yang gagal saat wawancara pekerjaan di perusahaan besar, hanya karena tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan sesama manusia. 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...