Oct 9, 2010

Menerjemahkan Dokumen MS Office Via Online Dengan DOCTRANSLATOR

 DocsTranslator
Seiring perkembangan jaman yang semakin maju seperti sekarang ini, banyak sekali fasilitas di dunia maya/iternet yang menyediakan fasilitas translator, misalnya Google. Google menyediakan tiga fasilitas translator yaitu:



1. Google Translate: Cara menggunakan fasilitas ini dengan cara menyalin dokumen yang akan kita translate/kita terjemahkan kedalam kotak/form, lalu klik tombol "Translate" maka form disebelah kanan akan menampilkan hasil terjemahan sesuai dengan bahasa yang telah kita pilih. tetapi Google translate memiliki kekurangan yaitu adanya masalah yang muncul karena file HTML tidak dapat tersimpan.

2. Google Docs: Translator yang satu ini menyediakan fitur terjemahan dokumen yang khusus dibuat secara online dengan menggunakan konversi HTML, maka apabila anda menyalin dari file dokumen pada MSOFFICE, format aslinya tidak akan terpelihara/formatnya bisa berubah.

3. Google Translator Toolkit: Cara menggunakan fasilitas ini adalah dengan cara mengupload dokumen lalu menerjemahkannya, dan hasilnya dapat kita download, sayangnya fasilitas ini memiliki kesalahan dalam kosa kata penerjemahannya.

Atas adanya beberapa kendala dari masing-masing Translator tersebut, maka kini hadir translator yang dapat menerjemahkan file dokumen MSOFFICE, yaitu DocTranslator, layanan ini merupakan fasilitas penerjemah dokumen Microsoft Office yang menggunakan Google translate yang berhasil mempertahankan layout dari file aslinya.

DocTranslator juga memiliki beberapa kekurangan, tidak seperti Google Docs yang mampu menerjemahkan file yang berukuran lebih dari 500kb, sedangkan DocTranslator hanya mampu menerjemakan file berukuran tidak lebih dari 500kb.
DocTranslator juga bekerja untuk presentasi powerpoint dan Spread Sheet Excel. Tool ini menggunakan Java Applet untuk mengupload file kemudian menerjemahkannya dengan menggunakan Google Translate API (http://code.google.com/apis/ajaxlanguage/).

Jika anda tertarik untuk menggunakan Tool ini maka anda perlu mengunjungi situs DocTranslator di (http://www.onlinedoctranslator.com), kemudian klik tombol "Start Document Translator" setelah itu Klik Run pada kotak dialog, lalu pilih jenis file yang akan kita terjemahkan dan setelah itu pilih bahasa yang Anda inginkan, dan yang terakhir adalah klik tombol "Terjemah".

Tool ini memiliki keunggulan dalam mempertahankan format asli dan tata letak asli ( seperti: huruf, kolom, spasi ), maka dengan menggunakan Tool ini Anda tidak perlu takut jika dokumen anda berubah format dan tata letaknya, hanya bahasanya saja yang akan berubah. sayangnya Tool ini juga memiliki kelemahan dalam proses Loading yang cukup lama.

0 comment:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...